Saturday, January 12, 2013

Tips Tenis Meja/Pingpong untuk Pemula

Welcome to Asta Sport

Beberapa tips sederhana untuk teman-teman yag baru saja mengenal tenis meja dan ingin menguasai tentang tenis meja.
1. Tips Memilih Bet dan Karet Pingpong yang tepat
2. Tips Memegang bet
3. Teknik Memukul Bola
4. Teknik Spin
5. Teknik Serve yang baik
Kali ini yang akan saya bahas pertama adalah bagaimana memilih bet dan karet pingpong yang tepat bagi pemula
1. Jika teman ingin benar-benar menguasai dalam bermain tenis meja, disarankan pilih bet yang terpisah dengan karetnya atau biasa disebut bet rakitan. Pegangan bet yang umum digunakan sendiri ada dua jenis yakni shakehand dan penholder. Shakehand, memegang bet seperti layaknya berjabat tangan, sedangkan penholder, memegang bet seperti kita memegang pena/pensil/pulpen. Kedua pegangan ini akan dibahas kemudian. Pegangan yang biasa umum digunakan di Indonesia adalah Shakehand. Sebaiknya anda datang ke toko khusus spesialis peralatan pingpong, di sana anda lebih leluasa memilih bet yang sesuai dengan pegangan tangan anda. Bet Pingpong di luaran sangat beragam, tapi secara umum terbagi tiga jenis yakni bet untuk pemain dominan serang, bet untuk pemain dominan bertahan, dan bet untuk tipe allround(kadang serang, kadang bertahan). bet untuk pemain dominan serang biasanya memiliki kecepatan dan putaran yang maksimal, tapi kontrolnya kurang. bet untuk pemain dominan bertahan biasanya memiliki tingkat kontrol yang maksimal, sedangkan tingkat kecepatan dan putarannya kurang. nah, untuk tipe allround, sebaiknya pilih bet berjenis AR, bet ini memberikan tingkat kecepatan, putaran, dan kontrol yang seimbang.
2. Memilih karet pingpong yang tepat. Disarankan untuk pemula pilih karet yang umum digunakan orang. seperti Donic Coppa Jo Silver, memberikan kecepatan, putaran dan kontrol yang cukup. sangat cocok untuk pemula yang baru pertama kali bermain tenis meja. Pastikan bet dan karet yang kita miliki sudah berstandar ITTF, sebagai contoh Donic, seluruh bet dan karetnya sudah berstandar ITTF.
3. Ikuti komunitas tenis meja terdekat di daerah anda, dan berlatihlah dengan pelatih yang sudah memiliki jam terbang atau belajarlah kepada senior-senior. Bergabunglah dengan PTM-PTM yang sudah terpercaya di daerah anda.
Next tips : Pegangan Bet

2 comments:

  1. wah makasi banyak sob ud share tips nya
    bagus ni buat yang mw belajar main pingpong :)

    ReplyDelete